Rabu, 04 Maret 2015

PERINTAH ALLAH UNTUK BERSABAR

Allah memerintahkan umat-Nya untuk bersabar,  yang telah maktub  dalam Ayat Al-Qur’an yaitu dalam QS. Ali’Imran ayat 200
$ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#rçŽÉ9ô¹$# (#rãÎ/$|¹ur (#qäÜÎ/#uur (#qà)¨?$#ur ©!$# öNä3ª=yès9 šcqßsÎ=øÿè? ÇËÉÉÈ  
Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.
Ayat diatas menjelaskan bahwa sebagai orang-orang atau manusia yang beriman kepada Allah, kita disuruh untuk bersabar hingga ke puncak kesabaranya yang tiada batas. Dan tetaplah bersiap siaga yang memiliki arti tetaplah menjadi hamba Allah yang bertakwa, supaya kalian semua menjadi orang yang beruntung.
Dan juga terdapat dalam surat yang lain yaitu QS. Al-A’raf ayat : 87
bÎ)ur tb%x. ×pxÿͬ!$sÛ öNà6ZÏiB (#qãZtB#uä üÏ%©!$$Î/ àMù=Åöé& ¾ÏmÎ/ ×pxÿͬ!$sÛur óO©9 (#qãZÏB÷sム(#rçŽÉ9ô¹$$sù 4Ó®Lym zNä3øts ª!$# $uZoY÷t/ 4 uqèdur çŽöyz šúüÏJÅ3»ptø:$# ÇÑÐÈ    
 jika ada segolongan daripada kamu beriman kepada apa yang aku diutus untuk menyampaikannya dan ada (pula) segolongan yang tidak beriman, Maka bersabarlah, hingga Allah menetapkan hukumnya di antara kita; dan Dia adalah hakim yang sebaik-baiknya.
Ayat di atas menjelaskan supaya bersabar dalam menetapkan hukum atau memutuskan perkara bagi seorang hakim, hingga Allah memberi petunjuk untuk kalian, oleh karenanya seorang hakim harus mengumpulkan bukti-bukti yang kuat untuk memutuskan perkara.
Dan juga dalam ayat yang lain kita disuruh untuk saling mengingatkan sesama teman untuk bersabar, yaitu dalam QS. Al-Balad ayat 17-18 yang berbunyi :
¢OèO tb%x. z`ÏB tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#öq|¹#uqs?ur ÎŽö9¢Á9$$Î/ (#öq|¹#uqs?ur ÏpuHxqöuKø9$$Î/ ÇÊÐÈ   y7Í´¯»s9'ré& Ü=»ptõ¾r& ÏpuZyJøpRùQ$# ÇÊÑÈ  
dan Dia (tidak pula) Termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.
mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan.
Dan juga dalam ayat yang lain yaitu : QS. Al-‘Asyr ayat 2 dan 3 yang berbunyi :
¨bÎ) z`»|¡SM}$# Å"s9 AŽô£äz ÇËÈ   žwÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# (#öq|¹#uqs?ur Èd,ysø9$$Î/ (#öq|¹#uqs?ur ÎŽö9¢Á9$$Î/ ÇÌÈ  
Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
ayat diatas menjelaskan bahwa manusia dalam keadaan kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasehati supaya menaati kebenaran dan juga saling menasehati dalam hal supaya menetapi kesabaran.





0 komentar: