Kamis, 02 Juni 2016

Inilah Jalan Untuk Mengobati Perilaku Sombong

orang yang sombong sambil memperlihatkan uangnya
Kesombongan itu tercela. Allah SWT, berfirman, "Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan  yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku". (QS. Al-A'raf:146)
Allah SWT. berfirman, "Demikianlah Allah menutup hati orang yang sombong dan sewenang-wenang". (QS. Al-Makmin:35)
Allah SWT, berfirman, "Dan mereka memohon kemenangan (atas musuh-musuh mereka), dan binasalah semua orang yang berlaku sewenang-wenang lagi keras kepala". (QS. Ibrahim: 15).
Nabi Saw, bersabda, "Tidak masuk Surga siapa yang memiliki sifat sombong sedikit pun di dalam hatinya".
Arti kesombongan adalah sifat pada diri seseorang yang timbul karena melihat kepada dirinya. kesombongan yang timbul pada lainnya adalah pengaruh seperti pengaruh dari sifat itu.
Nabi Saw, bersabda, "Aku berlindung kepada-Mu (Allah) dari bisikan Kesombongan".
Kesombongan itu bilamana terhadap Allah dengan tidak tunduk kepada perintah-Nya, maka ia adalah kufur Mutlak. Bilamana terhadap Rasul-rasul dengan tidak tunduk kepada mereka maka itu pun berarti kufur mutlak. Yang ketiga bersikap sombong terhadap manusia dan menyuruh mereka berkhidmat kepadanya dan merendahkan diri kepadanya. itu juga berarti menentang Allah SWT. mengenai kebesaran diri-Nya, karena tidak pantas bagi selain Allah untuk ditaati secara mutlak.
Apabila kesombongan itu menyangkut harta dan kedudukan, maka telah dikemukakan cara mengobatinya. Bilamana dengan melihat kebaikan maka hal itu akan bertentangan dengan kebaikan itu sendiri. Bilamana dengan melakukan kebaikan-kebaikan, ilmu dan amal, maka haruslah dilakukan karena Allah. Apabila ia menggunakannya untuk bersikap sombong terhadap orang-orang maka ia pun telah menghilangkan pahalanya.

Inilah jalan untuk mengobati perilaku sombong

Apabila dirinya condong untuk merasa lebih tinggi dari orang lain, ia pun bersikap rendah diri dan selalu bersikap demikian, mudah-mudahan Allah menyelamatkannya dari perbuatan tercela ini. betapa pun dirinya hendak melepaskan diri dari sifat sombong, ia harus menguji dirinya dengan 4 perkara.
pertama, menguji dirinya di waktu berdebat dengan lawan hingga nyata apakah ia marah karena lawannya benar dan apakah ia menyukai keunggulan atau tidak.
kedua, dengan mendahulukan teman-temannyasebelum dirinya di majelis-majelis.
ketiga, dengan membawa barangnya sendiri ke rumahnya sendiri berupa makanan dan lainnya. ini termasuk sunah. ia kerjakan pekerjaan-pekerjaan di rumahnya bersama pelayannya dan makan bersamanya. semua itu termasuk sunah. 
keempat, memakai baju sederhana di hadapan orang banyak. 
Nabi Saw. bersabda,"Kesederhanaan itu termasuk iman".
Nabi Saw, bersabda, "Barang siapa yang membawa (memikul) barangnya kerumahnya, ia pun telah bebas dari kesombongan". Apabila engkau ketahui hal ini maka ketahui pula sebaik-baik perkara adalah yang pertengahan.
Sifat rendah diri yang terpuji adalah merendahkan diri terhadap teman-teman tanpa menjadi hina.

0 komentar: