Rabu, 27 April 2016

TIPS MENGUATKAN KONSENTRASI

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mempunyai daya konsentrasi yang tinggi. Ketika anak sedang menghadapi ujian, kebanyakan orang tua menginginkan anaknya fokus dan perhatian penuh untuk mempelajari materi yang bersangkutan. Tapi dalam kenyataannya tentu tidak semua harapan itu berjalan mulus. Ada anak yang memang kurang perhatian untuk fokus dan ada pula anak yang merasa kesulitan untuk berkonsentrasi.

Berikut ini adalah langkah-langkah penting untuk diketahui orang tua agar anak mampu meningkatkan daya konsentrasi yang tinggi :
1. Selesaikan beban dan tugas
siapapun yang masih mempunyai beban atau tugas yang belum selesai kemudian diperintahkan untuk mengerjakan tugas yang lain, maka akan membuat orang itu merasa ada yang mengganjal dan kian terbeban. Perasaan yang mengganjal dan kian terbeban itu akan mempengaruhi daya konsentrasi anak. sebagai orang tua yang baik, kalau anak masih mempunyai tugas atau beban tertentu, sarankanlah untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut sebelum beranjak mengerjakan tugas yang lain. setelah beban dan tugas selesai, maka anak akan merasa lebih baik dan bisa berkonsentrasi untuk mengerjakan yang lain.
2. Jangan Terlalu Capek
Tidak sedikit orang tua yang menginginkan anaknya menjadi orang yang pandai dan cerdas, sehingga selalu menuntut anak terus belajar hingga tenaga anak terfosir. cara seperti ini kurang tepat. Anak yang sudah dalam kondisi capek, sebaiknya tidak dipaksa belajar karena dai akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi. Jika anak sudah dalam kondisi capek, Maka sebaiknya diminta untuk istirahat atau tidur. Dengan istirahat, saraf yang sebelumnya tegang menjadi lebih kendur dan relaks sehingga anak bisa dan siap untuk berkonsentrasi lagi.
3. Menyiapkan Tempat yang tenang
Kondisi lingkungan yang berisik akan mengganggu konsentrasi belajar dengan konsentarasi penuh., orang tua perlu ikut menciptakan lingkungan belajar yang tenangdan jauh dari keramaian. Ketika anak memilih belajar di dalam kamar, sebaiknya pintu dan jendela di tutup untuk menghindari suara-suara di luar yang mungkin akan mengganggu konsentrasi belajar. Hal tersebut akan sangat membantu untuk membentuk terciptanya lingkungan yang tenang dan kondusif.
4. Posisi yang pas
Anak sebaiknya memiliki meja belajar untuk Posisi duduk yang pas, membuat pikiran terfokus pada apa yang dipelajari.
5. Beri gambaran Manfaat Belajar di masa Depan
agar anak terpacu belajarnya, berilah anak gambaran tentang manfaat belajar yang harus dilakukannya sekarang dimasa akan datang nanti. dengan belajar yang rajin sejak sekarang maka anak pasti akan menjadi orang yang sukses dimasa depan.
6. Anak wajib Tidur siang
kedengarannya cukup sederhana, tapi manfaatnya cukup besar bagi daya konsentrasi anak. Orang yang kurang tidur akan kurang daya konsentrasi terhadap sesuatu. Ketika anak pulang sekolah dan merasa kelelahan, sebaiknya mintalah tidur siang walaupun hanya sesaat. setelah bangun tidur anak akan merasa lebih segar dan mampu berkonsentrasi lebih tajam.
7. Hindari stres
Hindarilah melarang atau menganjurkan anak melakuan sesuatu di luar batas kemampuan anak. Stres disebabkan hal-hal tersebut.
8. Kurangi Konsumsi gula yang berlebihan
Gula bersifat manis , tapi kalu berlebiha dalam mengkonsumsi gula akan memberikan efek yang keras pada tubuh. anak yang memiliki kadar gula yang tingi akan menyebabkan tubuh anak menjadi terganggu. Pada akhirnya anak jadi sulit untuk Berkonsentrasi.

0 komentar: