Rabu, 20 April 2016

MAKANAN YANG MENCERDASKAN

Beberapa makanan yang dapat menunjang kecerdasan anak menjadi lebih baik, yaitu:
1. Ikan Salmon
 
Salah satu ikan laut yang cukup bermanfaat untuk kecerdasan otak adalah Salmon. Ikan Salmon pada awalnya hidup diperairan air tawar., kemudian berimigrasi ke laut dan kembali ke air Tawar untuk memproduksi keturunan. ikan Salmon mempunyai kandungan lemak yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak. Salmon mengandung lemak Omega 3, DHA, dan EPA yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Salomon adalah sumber terbaik yang memiliki kandungan tersebut. pada dasarnya, setiap anak membutuhkan Omega-3 per hari adalah 1,2 gram, dan dalam 100 gram ikan Salomon mengandung 2,2 gram asam lemak omega-3. jadi, mengkonsumsi ikan salomon dapat memberikan efek positif bagi perkembangan kecerdasan anak.
2. Kuning Telur

salah satu makanan yang mengandung sumber protein dan relatif cukup murah adalah telur. kuning pada telur yang rasanya lezat ternyata mempunyai kandungan kolin yang tinggi. kolin mempunyai fungsi untuk membantu perkembangan memori anak. dalam beberapa penelitian terungkap bahwa satu butir telur yang berukuran besar mempunyai kandungan kolin 126 mg. sungguh ini lebih besar dibandingkan dua sendok makan selai kacang yang hanya mengandung kolin 20 mg.
Disamping itu, telur dapat meningkatkan kecerdasan intelektual dan mengatasi kekurangan iodium pada anak.sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta mengungkapkan bahwa telur dapat membantu perkembangan Intelligence Quotient (IQ) dan mengatasi kekurangan Iodium pada anak. penelitian yang dilakukan terhadap anak sekolah dikawasan pegunungan seperti Wonosobo dan Wonogiri, Jawa Tengah, menunjukkan dampak kekurangan iodium dapat menurunkan IQ anak sekitar 10-15 persen. hanya saja ketika diobati dengan telur bisa menambah sekitar 20 persen.
3. Gandum
Gandum Murni mempunyai manfaat yang positif bagi otak anak. perlu kita fahami bahwa otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. salah satunya adalah dengan gandum murni. gandum murni mempunyai kandungan serat yang dapat membantu pelepasan glukosa dalam tubuh. disamping itu gandum mengandung vitamin B yang bermanfaaat untuk memelihara kesehatan sistem syaraf. kandungan vitamin B pada gandum adalah1,5 mg per 100 gram, serta kebutuhan vitamin B pada anak adalah 1 mg per hari.
4. Daging sapi tanpa lemak
Zat Besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap bersinergi dan berkonsentrasi di sekolah. daging sapi tanpa lemah adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Kandungan zat besi dalam 100 gram daging sapi adalah 4,05 mg. Sedangkan, kebutuhan akan zat besi pada anak-anak adalah 3-10 mg per hari.

0 komentar: