Sabtu, 07 Mei 2016

HIKMAH BERSEDEKAH

Senang bersedekah kepada orang lain pahalanya jauh lebih besar. Bersedekah dapat menyelamatkan seseorang dari perbuatan buruk dirinya. Maka dari itu, barang siapa yang bersedekah kelak di surga terdapat pintu khusus bagi yang senang bersedekah. sebagai mana Abu Hurairoh ra. berkata, Rasulullah bersabda: "Barang siapa yang bersedekah Hewan ternak dengan berpasangan untuk membela agama, maka dia akan dipanggil kelak dalam surga. "Hai Hamba Allah, inilah pahala kebajikanmu". siapa yang rajin solat , dia akan dipanggil dari pintu sholat, dan barang siapa yang ikut berjuang menegakkan agama Allah, dia akan dipanggil dari pintu jihad, dan barang siapa yang rajin bersedekah, ia akan dipanggil dari pintu sedekah dan barang siapa yang rajin puasa ia akan dipanggil dari pintu puasa.

Orang yang bersedekah adalah orang yang dapat mengendalikan dirinya dari segala sifat buruk yang terdapat dalam dirinya seperti tamak, kikir dan rakus terhadap harta duniawi. Hatinya merasa senang setiap kali memberikan sesuatu terhadap orang lain. walaupun pada kenyataannya, ia sendiri sedang mengalami kesulitan. Namun ia menyadari, Ternyata ada yang lebih sulit hidupnya ketimbang dirinya sendiri.
sekarang ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba memberikan sedekah baik itu fakir, miskin, maupun anak-anak terlantar. Namun hanya sedikit orang yang bersedekah dengan niat yang tulus dan ikhlas serta mengharapkan ridho dari Allah swt. tak dapat dipungkiri bahwa setiap pemberian yang kita lakukan selalu ada sedikit riya' dan mengharapkan simpati atau pujaan dari orang lain. Namun sebagai manusia hendaknya kita selalu berusaha, agar semua pemberian yang kita lakukan tak lebih hanya mengharapkan keeridha'an Allah semata.
Rasulullah saw bersabda: Barang siapa yang bersedekah satu butir kurma dari hasil kerja yang baik dan halal dan Allah tidak akan menerima kecuali yang baik maka Allah akan menerima dengan tangan kanan-Nya. "Yakni Allah akan menerima dan memberkatinya serta memeliharanya untuk pemiliknya.
Sebagaimana Firman Allah yang artinya : Tidaklah mereka mengetahui bahwasannya Allah menerima taubat dari hamba-hambanya dan menerima sedekah (QS. At-Taubah: 104)
 Sebanyak apapun sedekah yang engkau keluarkan tetap tidak akan mengurangi harta bendamu barang sedikitpun kelak akan menolongmu di alam kubur nanti. sebab sedekah kelak akan memberikan pertolongan kepada pelakunya ia bisa mendinginkan panas neraka dan memberiakan naungan pada hari Akhir nanti.
Beraneka macam bentuk sedekah yang dapat menghantarkan seseorang ke gerbang pintu sedekah diantaranya:
1. memberikan hutang kepada orang lain
Raasulullah saw bersabda: "Aku melihat pada malam aku di Isra'kan di pintu surga tertulis: pahala sedekah digandakan menjadi sepuluh kali lipat, sedang pahala memberi hutang digandakan menjadi delapan belas kali lipat."
memberikan hutang kepada orang lain sama halnya engkau telah membantu meringankan segala beban kesusahan yang melilitnya. Barang siapa yang memberikan kemudahan terhadap orang yang kesulitan, maka Allah akan memberikan kemudahan baginya di dunia dan di akhirat.
2. Semua tindakan manusia adalah sedekah
maksudnya setiap tubuh anggota tubuh manusia mempunyai kesempatan untuk sedekah setiap harinya. seperti mendamaikan orang-orang  yang berselisih, menyingkirkan sesuatu yang membahayakan, bahakan setiap langkah engkau lakukan untuk pergi sholat termasuk sedekah juga. Namun alangkah lebih baik sedekah itu engkau lakukan secara sembunyi-sembunyi.

0 komentar: