Rabu, 04 Mei 2016

TIPS BUANG AIR BESAR DAN KECIL

Tips bagi kalian yang mau buang air besar maupun air kecil,  agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada beberapa tatacara atau adab untuk melakukannya, diantaranya sebagai berikut:

1. Disunahkan mendahulukan kaki kiri ketika masuk kakus, dan mendahulukan kaki kanan tatkala keluar , sebab sesuatu yang mulia hendaklah di mulai dengan kanan, dan sebaliknya sebab yamg hina dimulai dengan yang kiri.
2. Jangan berkata-kata selama di dalam kakus itu, kecuali berdoa dikala masuk kakus, sebab apabila Rasulullah Saw. masuk kakus, beliau mencabut cincin beliau yang berukir Muhammad Rasulullah (Riwayat Ibnu Hibban)
3. Hendaklah memakai sepatu, terompah, atau sejenisnya, karena Rasulullah Saw, apabila masuk kakus, beliau memakai sepatu. (Riwayat Baihaqi).
4. Hendaklah jauh dari orang sehingga bau kotoran tidak sampai mengganggu orang lain.
5. Jangan berkata-kata selama di dalam kakus, kecuali apabila ada keperluan yang sangat penting yang tidak dapat ditangguhkan, sebab Rasulullah Saw. melarang yang demikian. (Riwayat Hakim)
6. Jangan buang air kecil atau air besar di air yang tenang, kecuali apabila air tenang itu bannyak menggenangnya, seperti tebat; sebab Rasulullah Saw. melarang kencing di air tenang. (Riwayat muslim).
7. Jangan buang air kecil (Kencing) di lubang-lubang tanah karena kemungkinan ada binatang yang akan tersakiti dalam lubang itu, dan Rasulullah Saw. melarang yang demikian. (Riwayat Abu Dawud)
8. Jangan buang air kecil dan besar di tempat pemberhentian, karena mengganggu orang yang berhenti.

0 komentar: