Selasa, 24 Mei 2016

Surga Adalah Suatu Tempat yang Penuh Macam-macam Kebahagiaan dan kesenangan

Surga adalah suatu tempat yang penuh dengan macam kebahagiaan, Kesenangan, Kemegahan, Kelezatan, dan kenikmatan, yang disediakan Allah buat hamba-Nya yang bertakwa dan beramal saleh, tanpa ada yang mengurangi dan mengusik kesuciannya berbagai kenikmatan, kemewahan, dan kelezatan surga itu belum pernah terlihat mata, terdengar telinga bahkan belum pernah terlintas dalam hati sekali pun, sebab pikiran kita belum mampu untuk memahami berapa besarnya rakhmat yang disediakan Allah tersebut.
Ketahuilah! Bahwa kenikmatan yang disediakan Allah swt di surga jauh lebih besar dari kesenangan yang kita peroleh di Dunia. Kenikmatan Dunia tidak ada artinya bila dibandingkan dengan kenikmatan yang akan kita peroleh di surga nanti.
Dalam kitab Daqa'iqul Akhbar disebutkan bahwa kemewahan dan keindahan surga itu tidak bisa dilukiskan oleh akal manusia. Bisa dibayangkan jika bahan bangunannya saja terbuat dari intan permata. Tanahnya dari misik. Krikilnya dari mutiara dan selalu harum semerbak aroma di dalamnya.
Syekh Imam Abdurrahman bin Ahmad Al-Qadli menggambarkan keindahan rumah di Surga sebagai berikut: Di Surga setiap rumah terdapat 70 ranjang, diatas setiap ranjang terdapat 70 tikar, di setiap tikar ada seorang bidadari. Bidadari ini memakai 70 pakaian yang terlihat sumsum betisnya karena halus dan tipisnya pakaian yang dikenakannya. Kalau sekiranya satu rambut dari rambut wanita surga jatuh ke bumi, maka rambut tersebut akan menerangi penduduk bumi.
gambar khayalan surga
Masuknya seseorang ke dalam surga dan terbebasnya di dari azab neraka adalah sesuai dengan kehendak dan penilaian Allah swt. maka jika ia masuk surga merupakan suatu kemenangan dan keberuntungan besar dalam hidupnya.
Sebagaimana Firman Allah yang memiliki arti bahwa: "Barang siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya. (QS. Ali-Imran: 185)
Tidak diraguakan lagi bahwa kebahagiaan orang-orang mukmin tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata manakala mereka secara berombongan diantarkan oleh para malaikat ke surga yang penuh rahmat. ketika mereka di surga pintu-pintunya akan dibukakan untuk mereka dan mereka disambut oleh para malaikat yang ramah dengan mengucapkan salam atas kedatangan mereka karena keberhasilan mereka dalam menghadapi begitu banyak kesukaran dan cobaan yang berat.
Dengan kata lain, kata-kata pikiran dan amal perbuatan engkau selama di Dunia ini semuanya benar dan baik sehingga hati dan jiwa engkau menjadi suci dan bersih. Maka untuk itu engkau berhak dipanggil masuk surga (menjadi penghuni surga)
Diriwayatkan oleh usamah bin zaid : Rasulullah saw telah bersabda kepada para sahabatnya: "Ingatlah! adakah yang menyingsingkan bajunya giat berusaha memperoleh surga? sesungguhnya kenikmatan surga tidak pernah terlintas dalam hati. Demi Tuhannya ka'bah. Di Surga ada nur yang bersinar, weweangian yang harum semerbak, istana yang tinggi, sungai-sungai yang mengalir, buah-buahan yang banyak serta matang. Istri-istri yang cantikjelita yang berada di taman. kenikmatan yang tetap dan Abadi. bersinar di rumah yang tinggi serta bercahaya  dalam keselamatan. yang tetap dalam keselamatan. lantas para sahabat berkata : "Kami adalah orang yang berusaha untuk mencari surga Ya Rasulullah". Kemudian beliau bersabda : "ucapan kalian, semoga Allah menghendaki". Kemudian beliau menyebutkan jihad dan menganjurkan untuk berjihat.

Anas ra meriwayatkan, Rasulullah saw bersabda:"setiap kenikmatan akan hilang, kecuali ahli surga. setiap kesusahan akan berakhir itu akan berakhir. kecuali kesusahannya penghuni Neraka."  

0 komentar: